ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN ANALISIS
SWOT PRODUK BLACKBERRY
(Studi
Kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan)
Eva Riyanti (7103210017)
Fani elvari
butar-butar (7103210019)
Nova eryana sitepu (7103210045)
Yuni dearma saragih
(7103210065)
MANAJEMEN A 2010
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2013
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan pasar perusahaan penyedia alat komunikasi
(telepon seluler) di Indonesia tumbuh semakin pesat bersamaan dengan tumbuhnya
pasar permintaan akan telekomunikasi. Seiring berjalannya waktu perusahaan-perusahaan
seluler banyak yang melakukan terobosan dan inovasi dalam modernisasi alat
komunikasi. Dari alat komunikasi yang hanya bisa menampilkan suatu pesan untuk
seseorang yang akan dituju hingga menampilkan visualisasi orang yang menelpon.
Para modifikator mengembangkan alat yang biasa mengirim langsung informasi
kepenerima yang disebut telepon seluler atau handphone (HP).
Handphone tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi
atau membantu dalam menjalankan aktivitas saja, tetapi juga memberikan hiburan
dengan fasilitas yang telah tersedia. Maka saat ini handphone bukan hanya untuk
memenuhi kebutuhan saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Berbagai macam fitur
pada handphone dalam berbagai tingkat harga dan desain yang beragam ditawarkan
para produsen untuk menarik konsumen dan untuk menguasai pasar handphone. Inovasi,
kualitas,promosi, saluran distribusi, tingkat harga produk harus benar-benar di
perhatikan oleh para produsen ponsel agar tidak
kalah dengan para pesaingnya.
Dinamika persaingan bisnis di dunia
telekomunikasi yang semakin ketat antara berbagai kegiatan dalam menghasilkan
dan menjual produknya, memberikan pengaruh terhadap pandangan bahwa perusahaan
harus memberitahukan dan memperkenalkan produknya agar konsumen terdorong untuk
membeli produk perusahaan yang mereka promosikan. Persaingan yang terjadi saat
ini tidak hanya terjadi pada segi produk saja, tetapi lebih ditekankan pada
fungsi-fungsi atau fitur tambahan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan seperti
model kemasan, layanan purna jual,pelayanan yang diberikan, iklan, promosi, dan
fitur-fitur lainnya yangcukup dihargai oleh konsumen.
Semakin besar permintaan dan daya tarik
masyarakat Indonesia akan alat komunikasi membuat banyak sekali merek ponsel
yang telah masuk ke pasar Indonesia antara lain: Nokia, BlackBerry, iPhone,
Sony Ericsson, Motorola, Samsung, Siemens, LG, Panasonic, Philips, Alcatel, dan
merek-merek ponsel lainnya. Masing-masing merek ponsel tersebut berlomba-lomba
melakukan inovasi produk dengan tipe, model dan teknologinya yang disesuaikan
dengan kebutuhan profesi, status, gaya hidup, dan hobi para masyarakat luas.
Dengan semakin banyaknya merek ponsel yang beredar dipasar Indonesia, hal ini
akan membingungkan konsumen untuk memilih merek mana yang lebih baik untuk
dirinya.
Salah satu contoh perusahaan yang meluncurkan produk
telekomunikasi canggih yang banyak diminati oleh Masyarakat Indonesia sekarang
ini adalah perusahaan RIM (Research In Motion) asal Kanada yang telah
mengeluarkan handphone Blackberry yang didukung oleh fitur-fitur canggih.
Handphone ini telah diperkenalkan di Indonesia sejak 2004. Hal ini dikarenakan
untuk mempermudah sistem komunikasi, membantu mobilitas dalam kegiatan
sehari-hari, dan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan alat komunikasi yang
lebih canggih, efisien dan efektif.
Perusahaan-perusahaan komunikasi ini berusaha melakukan berbagai strategi
pemasaran baik dari segi produk, harga, iklan, serta distribusi pemasaran
tempat agar produknya bisa diterima dan laku di Pasar Indonesia. Kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman merupakan salah satu analisis yang digunakan
dalam menganalisis produk Blackberry.
Berdasar uraian di atas, penulis
tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kualitas produk, daya
tarik iklan, harga dan distribusi pemasaran produk berpengaruh terhadap minat
beli konsumen pada produk ponsel BlackBerry. Untuk itu penulis melakukan
penelitian dengan judul : “Analisis
Kepuasan Konsumen terhadap Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Produk (Studi
Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Negeri Medan)”.
1.2
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk
Blackberry ?
2.
Bagaimana analisis SWOT terhadap produk Blackberry?
3.
Bagaimana kualitas produk Blackberry berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?
4.
Bagaimana harga Blackberry mempengaruhi keputusan pembelian konsumen?
5.
Bagaimana promosi Blackberry mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan
latar belakang dan perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis :
1. Untuk
mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada
produk ponsel Blackberry.
2. Untuk
Mengetahui pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada produk
ponsel Blackberry.
3. Untuk
mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel
Blackberry.
4. Untuk
mengetahui pengaruh dari analsis SWOT terhadap perkembangan produk Blackberry
5. Bagaimana
harga Blackberry berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen
Mohon Maaf Untuk Para Pembaca
Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.