Mohon Maaf Untuk Para PembacaKami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini
Jumat, 17 Mei 2013
Kelompok 1 (Analisis Pada Produk Kopi Baba di Dr. Mansyur Medan)
17.45
Unknown
1 comment
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi
Pemasaran dan Analisis SWOT Pada Produk Kopi Baba di Dr. Mansyur Medan
MINI
RISET
O
L
E
H
KELOMPOK I
EVI OKTAVIA BANUREA (7103210018)
INDAH SEPTIANI (7102210012)
NIKI OCTAVIANI (7103210042)
ELEDON SIHOTANG (7103210014)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada
era globalisasi ini, semakin banyak saja persaingan yang terjadi pada
usaha-usaha kuliner yang terdapat kota Medan. Masing-masing perusahaan ingin
maju lebih cepat. Oleh karena itu, peruasahaan memerlukan manajemen yang tepat
dan dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan kegiatan manajemen yang
memerlukan informasi. Dalam keadaan tersebut perusahaan harus memiliki sumber
daya yang stabil, simber daya manusia yang dapat diandalkan. Peranan manajemen
dalam keadaan demikian adalah mengorganisasi dan memanfaatkan sumber daya yang
ada sedemikian rupa sehingga mampu menghadapi persaingan dan memperlancar
pencapaian tujuan organisasi.
Perusahaan
saat ini menghadapi tantangan beragam dan sangat luar biasa. Manajemen harus
mengikuti perkembangan maupun terobosan-terobosan berupa inovasi yang sudah
dilakukan oleh perusahaan lain, supaya perusahaan ini tidak semakin tenggelam
dan mampu bersaing serta dapat mempertahankan eksistensi keberadaannya di dunia
ekonomi.
Kopi
Baba Dr. Mansyur yang berada di kota Medan ini merupakan salah satu perusahaan
yang sedang menghadapi fenomena-fenomena tersebut di atas. Kualitas pelayanan
yang semakin menuu pun diduga menjadi salah satu penyebab menurunnya tingkat
penjualan disamping dari berbagai inovasi yang sudah dilakukan beberapa
perusahaan pesaing telah memperkompleks permasalahan yang dihadapi oleh
manajemen perusahaan saat ini. Beberapa keputusan manajemen atas penetapan
kebijakan perusahaan terhadap salah satu bauran pemasaran yaitu harga diduga
menjadi salah satu faktor menjauhnya konsumen yang tadinya selalu setia kepada
Kopi Baba. Kopi Baba yang dikenal dengan khas nya yang memberlakukan kebijakan
pengurangan harga bagi kalangan-kalangan tertentu kini sudah tidak ada lagi.
Selain dari masalah kebijakan, peusahan Kopi Baba pun saat ini tengah
menghadapi situasi sulit dengan tidak dapat dengan tanggap mengetahui kekuatan
yang dimiliki, kelemahan apa saja yang terdapat pada Kopi Baba, Peluang serta
ancaman apa yang sedang mereka hadapi. Kurang nya perhatian terhadap hal-hal
seperti inilah yang menjadi penyebab menjauhnya para konsumen setia Kopi Baba.
Berdasarkan
uraian fenomena di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya mengetahui
fakto-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen Kopi
Baba. Sehingga penulis menjadikannya sebagai topik yang kemudian dituangkan
dalam bentuk penulisan skripsi dengan judul “Analisis kepuasan konsumen terhadap strategi pemasaran dan analisis
swot pada produk Kopi Baba di Dr. Mansyur”.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan
uraian lata belakan masalah tersebut, maka identifikasi masalah dalam
penelitian ini adalah:
1.
Strategi pemasaran yang
mempengaruhi kepuasan konsumen di Kopi Baba.
2.
Tingkat kepuasan
pelangan terhadap tinggi rendahnya harga produk Kopi Baba.
3.
Pengaruh analisis swot
terhadapa kepuasan konsumen.
1.3 Pembatasan Masalah
Mengingat
banyaknya permasalahan yang mempengaruhi bidang penelitian ini, maka masalah
dalam penelitian ini dibatasi pada analisis swot dan strategi pemasaran terhadap
kepuasan konsumen Café Kopibaba.
1.4 Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut maka yang yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.
Bagaimana pengaruh
strategi pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen di Kopi Baba Dr. Mansyur
Medan?
2.
Apakah analisis swot
mampu mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen di Kopi Baba Dr. Mansyur Medan?
1.5
Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk menganalisis tingkat
kepuasan pelanggan terhadap strategi pemasarannya.
2.
Menganalisis SWOT yang diduga
mampu mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen.
1.6 Manfaat Penelitian
1.
Bagi Peneliti
Sebagai studi perbandingan antara
pengetahuan teoritis yang diperoleh dalam perkuliahan dengan kondisinya di
lapangan, khususnya mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap strategi
pemasaran.
2.
Bagi Perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat
digunakan sebagai bahan masukan sebagai
dasar pertimbangan dalam usaha perbaikan kebijakan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan dan strategi pemasaran sehingga jumlah pengunjung (konsumen)
semakin meningkat.
3.
Bagi Universitas Negeri
Medan
Sebagai tambahan literature
kepustakaan Universitas di bidang penelitian tentang tingkat kepuasan konsumen
terhadap analisis strategi pemasaran dan analisis swot.
4.
Bagi pihak lain
Sebagai bahan referensi bagi pihak
lain yang ingin mengadakan penelitian sejenis dimasa yang akan datang.
1 komentar:
Amazing
Loved reading it
See this for more lovable stuff-
http://freeprintablecalendar123.com/2017/01/03/january-2017-calendar-holidays/
http://freeprintablecalendar123.com/2016/11/19/2017-printable-calendar-blank-templates/
Thank You
Posting Komentar
Silahkan beri komentar atas artikel maupun content dari blog ini. Komentar ada sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
NB: Kami Berharap Anda Tidak Mengunakan Kata-Kata Kasar, SARA, Tidak Sopan, Maupun Kata-Kata Negatif Lain Dalam Berkomentar.