Mohon Maaf Untuk Para PembacaKami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini
Jumat, 17 Mei 2013
Kelompok 4 (Analisis Produk Pocari Sweat (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNIMED)
17.27
Unknown
No comments
ANALISIS KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN ANALISIS SWOT PRODUK pocari sweat
(Studi Kasus pada
Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Medan)
lisa
ardiyanti (7103210033)
Fernando
purba (7103210020)
zico
rickyanda hrp (7103210068)
MANAJEMEN A 2010
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
“Kepuasan konsumen adalah perasaan seseorang yang
puas atau sebaliknya setelah membandingkan antara kenyataan dan harapan yang
diterima dari sebuah produk atau jasa (Kotler 2000:36).” Kepuasan konsumen hanya dapat tercapai dengan
memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumennya. Pelayanan yang baik
sering dinilai oleh konsumen secara langsung dari pelayanan karyawan maupun
produk yang di beli oleh konsumen. karena itu diperlukan usaha untuk
meningkatkan kualitas sistem pelayanan yang diberikan agar dapat memenuhi
keinginan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Jadi kualitas pelayanan merupakan
hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar dapat tercapai
kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan
kepuasan konsumen. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk
menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan ini
memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan konsumen serta
kebutuhannya. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen
dan pada gilirannya kepuasan tersebut dapat menciptakan kesetiaan / loyalitas
konsumen.
Hal ini juga tidak terlepas dari strategi pemasaran yang ada, strategi pemasaran itu
sendiri terdiri dari strategi produ, strategi harga, strategi distribusi,
strategi promosi.karena dengan strategi pemasaran yang baik,perusahaan mampu
memberikan kepuasan kepada konsumennya, terutama di bidanga pemasarannya.dimana
konsumen bisa lebih mengetahui bagaimana produk-produk yang di ciptakan, dan
manfaat dari produk tersebut.disini perusahaan harus mampu memilah karyawan
yang benar-benar mampu menjelaskan dan mempromosikan produk mereka
sebaik-baiknya. Dengan begitu, perusahaan juga harus mampu meningkatkan
kualitas produk, menyeimbangkan harga dengan analisis pasar terlebih
dahulu(tanpa mengeyampingkan kualitas), serta pendistribusian yang pas dengan
target perusahaan.
Analisis SWOT yang merupakan singkatan dari streght
(kekuatan), weakness (kelemahan), opoortunity (peluang), threat (ancaman). Hal
ini berguna untuk melihat hal-hal apa saja yang harus d perbaiki oleh
perusahaan dan apa yang harus di pertahankan oleh perusahaan. Maka perusahaan
dapat lebih mudah untuk mengembangkan perusahaan mereka.
Pocari sweat sendiri telah membangun chanel sejak
tahun 1990-an, sehingga perusahaan ini telah mampu menciptakan kepuasaan
konsumen terhadap produk mereka, karena perusahaan ini mampu mempertahankan
citra dan kualitas dari produk mereka. Bahkan perusahaan ini senantiasa
memperbaiki segala hal yang kurang baik dari produk serta pelayanan mereka
terhadap konsumen. Pocari sweat sendiri mengutamakan manfaat yang di rasakan
oleh konsumen, meskipun harga sedikit lebih diatas dari pesaingnya. Namun
mereka beranggapan bahwa konsumen mampu memilih produk mana yang lebih baik,
meskipun harga sedikit diatas produk isotonik lainnya.Seeperti yang kita
ketahui banyak minuman isotonik dipasaran dengan berbagai merek yang ada.
Macam-macam merek isotonik yang ada selalu berusaha menyaingi keberhasilan
produk pocari sweat. Salah satunya melalui strategi pemasaran yang mereka
rancang untuk memuaskan konsumennya.
Dari hasil pengamatan peneliti secara langsung,
mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri medan memiliki segudang aktivitas
yang menguras tenaga, dengan kesibukan rutinitas akademis dan banyaknya
mahasiswa yang mengikuti kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa ataupun Organisasi
lainnya . Sehingga kondisi tersebut merupakan potensi pasar produk minuman
isotonik pocari sweat yang sangat potensial.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka penulis menentukan perumusah masalah yaitu
· Bagaimana
kepuasan konsumen terhadap strategi pemasaran
dan analisis swot produk pocari sweat.
1.3
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan
kepuasan konsumen terhadap strategi pemasaran dan analisis SWOT produk pocari
sweat.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan beri komentar atas artikel maupun content dari blog ini. Komentar ada sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
NB: Kami Berharap Anda Tidak Mengunakan Kata-Kata Kasar, SARA, Tidak Sopan, Maupun Kata-Kata Negatif Lain Dalam Berkomentar.