My Profil

SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog Economy Dan IT - Saya senang Anda berada di sini, dan Saya berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Economy, Lifestayle, Perpolitikan, Entertaiment, Dan Tutorial Bloging Maupun Kehidupan Seputar Blogers yang telah Saya sediakan.

Sekilas Tentang Saya

Nama saya M. Wahyu Arya Putra, Saya berasal Dari Sumatra Utara, Saya hanyalah Seorang Mahasiswa dan Blogger biasa, Yang terus belajar dan berusaha untuk menjadi luar biasa...

  • Lebih Lanjut Tentang Saya
  • TRANSLATOR

    English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Jumat, 17 Mei 2013

    Kelompok 5 (ANALISIS PRODUK BLACKBERRY (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Medan)



    ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN ANALISIS SWOT PRODUK BLACKBERRY
    (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan)
    Eva Riyanti                                (7103210017)
    Fani elvari butar-butar    (7103210019)
    Nova eryana sitepu               (7103210045)
    Yuni dearma saragih            (7103210065)


    MANAJEMEN A 2010
    FAKULTAS EKONOMI
    UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
    2013



     BAB I
    Pendahuluan
    1.1    Latar Belakang
    Perkembangan pasar perusahaan penyedia alat komunikasi (telepon seluler) di Indonesia tumbuh semakin pesat bersamaan dengan tumbuhnya pasar permintaan akan telekomunikasi. Seiring berjalannya waktu perusahaan-perusahaan seluler banyak yang melakukan terobosan dan inovasi dalam modernisasi alat komunikasi. Dari alat komunikasi yang hanya bisa menampilkan suatu pesan untuk seseorang yang akan dituju hingga menampilkan visualisasi orang yang menelpon. Para modifikator mengembangkan alat yang biasa mengirim langsung informasi kepenerima yang disebut telepon seluler atau handphone (HP).
    Handphone tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi atau membantu dalam menjalankan aktivitas saja, tetapi juga memberikan hiburan dengan fasilitas yang telah tersedia. Maka saat ini handphone bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Berbagai macam fitur pada handphone dalam berbagai tingkat harga dan desain yang beragam ditawarkan para produsen untuk menarik konsumen dan untuk menguasai pasar handphone. Inovasi, kualitas,promosi, saluran distribusi, tingkat harga produk harus benar-benar di perhatikan oleh para produsen ponsel agar tidak kalah dengan para pesaingnya.
    Dinamika persaingan bisnis di dunia telekomunikasi yang semakin ketat antara berbagai kegiatan dalam menghasilkan dan menjual produknya, memberikan pengaruh terhadap pandangan bahwa perusahaan harus memberitahukan dan memperkenalkan produknya agar konsumen terdorong untuk membeli produk perusahaan yang mereka promosikan. Persaingan yang terjadi saat ini tidak hanya terjadi pada segi produk saja, tetapi lebih ditekankan pada fungsi-fungsi atau fitur tambahan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan seperti model kemasan, layanan purna jual,pelayanan yang diberikan, iklan, promosi, dan fitur-fitur lainnya yangcukup dihargai oleh konsumen.
    Semakin besar permintaan dan daya tarik masyarakat Indonesia akan alat komunikasi membuat banyak sekali merek ponsel yang telah masuk ke pasar Indonesia antara lain: Nokia, BlackBerry, iPhone, Sony Ericsson, Motorola, Samsung, Siemens, LG, Panasonic, Philips, Alcatel, dan merek-merek ponsel lainnya. Masing-masing merek ponsel tersebut berlomba-lomba melakukan inovasi produk dengan tipe, model dan teknologinya yang disesuaikan dengan kebutuhan profesi, status, gaya hidup, dan hobi para masyarakat luas. Dengan semakin banyaknya merek ponsel yang beredar dipasar Indonesia, hal ini akan membingungkan konsumen untuk memilih merek mana yang lebih baik untuk dirinya.
    Salah satu contoh perusahaan yang meluncurkan produk telekomunikasi canggih yang banyak diminati oleh Masyarakat Indonesia sekarang ini adalah perusahaan RIM (Research In Motion) asal Kanada yang telah mengeluarkan handphone Blackberry yang didukung oleh fitur-fitur canggih. Handphone ini telah diperkenalkan di Indonesia sejak 2004. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah sistem komunikasi, membantu mobilitas dalam kegiatan sehari-hari, dan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan alat komunikasi yang lebih canggih, efisien dan efektif.
    Perusahaan-perusahaan komunikasi  ini berusaha melakukan berbagai strategi pemasaran baik dari segi produk, harga, iklan, serta distribusi pemasaran tempat agar produknya bisa diterima dan laku di Pasar Indonesia. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman merupakan salah satu analisis yang digunakan dalam menganalisis produk Blackberry.
    Berdasar uraian di atas, penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kualitas produk, daya tarik iklan, harga dan distribusi pemasaran produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel BlackBerry. Untuk itu penulis melakukan penelitian dengan judul : “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Produk (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Negeri Medan)”.

    1.2    Rumusan Masalah
    1.    Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Blackberry ?
    2.    Bagaimana analisis SWOT terhadap produk Blackberry?
    3.    Bagaimana kualitas produk Blackberry  berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?
    4.    Bagaimana harga Blackberry  mempengaruhi keputusan pembelian konsumen?
    5.    Bagaimana promosi Blackberry mempengaruhi keputusan pembelian konsumen?

    1.3  Tujuan Penelitian
    Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis :
    1.    Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk     ponsel Blackberry.
    2.    Untuk Mengetahui pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel Blackberry.
    3.    Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel Blackberry.
    4.    Untuk mengetahui pengaruh dari analsis SWOT terhadap perkembangan produk     Blackberry
    5.    Bagaimana harga Blackberry  berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
     

    Mohon Maaf Untuk Para Pembaca 
    Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.
    Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini
    read more

    Kelompok 6 (Analisis Pada Produk Samsung Plaza Medan Fair Medan)




    Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Pada Produk Samsung Plaza Medan Fair Medan

    MINI RISET

    O
    L
    E
    H

    KELOMPOK  VI

    YUNI SARI FRANSISKA                          (7103210066)  
    RIZQA KHAIRUNNISA                             (7101210016)  
    M. KHALIS                                                   (7103210040) 
    FTRIANI PANE                                           (7102210010)


    JURUSAN MANAJEMEN
    FAKULTAS EKONOMI
    UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
    2013




    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1.        Latar Belakang Masalah
    Di era pasar bebas saat ini, permasalahan yang dihadapi perusahaan di seluruh dunia menjadi semakin kompleks. Kecenderungan orientasi bisnis telah berubah. Jika sebelumnya produsen leluasa untuk menentukan kebijakan mengenai produknya,maka sekarang produsen dipaksa untuk membuat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen (Freddy Rangkuti, 2005).
    Persaingan sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan (Porter, 1993), dimana pesaing dengan menggunakan pendekatan pasar adalah perusahaan-perusahaan yang memuaskan kebutuhan pelanggan yang sama. Sehingga perusahaan harus lebih cermat membaca serta mengantisipasi keadaan pasar sehingga dapat menciptakan produk yang berkualitas, memberikan pelayanan yang berkualitas yang dapat memuaskan konsumen sehingga dapat memenangkan persaingan. Oleh karena itu, perlu dibuat strategi pemasaran untuk bisa memenangkan persaingan tersebut.
    Untuk mencapai kepuasan konsumen, perusahaan juga harus melihat analisis SWOT, yaitu kelemahan, kelebihan, ancaman dan peluang dari perusahaan tersebut. Dengan menganalisis faktor-faktor tersebut, perusahaan akan terus mampu bersaing dengan kompetitornya. Melalui analisis ini perusahaan juga dapat mengetahui posisnya di dalam pasar, bagaimana reaksi konsumen terhadap produk yang ditawarkan, dan  melalui itu perusahaan dapat  melihat apa yang diinginkan konsumen agar dapat dipuaskan.
    Hal ini terjadi pada PT.Samsung yang bergerak dibidang gadged. Perusahaan ini harus selalu dituntut  untuk melakukan inovasi agar tidak kalah dengan pesaingnya, dimana pesaing lain yang bergerak di bidang gadged juga selalu melalukan inovas terhadap produknya.

    1.2.        Rumusan Masalah
    Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka pokok permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah :
    1.      Apakah terdapat pengaruh signifikan antara strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan produk Samsung?
    2.      Apakah terdapat pengaruh signifikan antara analisis SWOT terhadap kepuasan pelanggan produk Samsung?
    3.      Apakah terdapat pengaruh signifikan antara strategi pemasaran dan analisis SWOT  terhadap kepuasan pelanggan produk Samsung?

    1.3.        Tujuan Penelitian
    1.      Untuk menguji pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan produk Samsung .
    2.      Untuk menguji pengaruh analisis SWOT  terhadap kepuasan pelanggan produk Samsung.

    Mohon Maaf Untuk Para Pembaca 
    Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.
    Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini

     
    read more

    Minggu, 03 Februari 2013

    Lisenci Key Untuk Merubah SMADAV FREE Jadi SMADAV PRO

     Bismillahhirrahmanirrahim.... 

    Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.... 

    Hai teman semua…

    Hehehe. Update blognya lama ya? Maaf. Bukan karena tidak konsisten, tapi emang belum ada waktu. Langsung aja ya, kali ini saya mau berbagi  Download lisensi / license Key Smadav Pro 9.2 gratis mau? Baca seterusnya ya….


    Oke kali ini Download lisensi / license Key Smadav Pro 9.2 yang akan saya bagikan hanya ada 5 key, bisa teman pilih sesuka hati. lisensi / license Key Smadav Pro 9.2 diperlukan untuk menjadikan SMADAV FREE kamu biar bisa jadi SMADAV PRO.

    Udah punya SMADAVnya belum? Kalau belum silahkan download di websitenya. KLIK DI SINI untuk download smadav free. Kalau udah, jadikan SMADAV FREEmu menjadi SMADAV PRO.

    Oke langsung saya kasih Download lisensi / license Key Smadav Pro 9.2 ingat. Jangan diperjualbelikan ya… hanya boleh dipakai untuk pribadi…. silahkan copy paste lisensi / license Key Smadav Pro 9.2 (saya sarankan copy paste) agar tidak terjadi kesalahan. OK Check this out Download lisensi / license Key Smadav Pro 9.2

    Name / Nama : Mahardika
    Key : 088800359845

    Name / Nama : Uruha0892
    Key : 085200173647

    Name / Nama : mahardika@yahoo.com
    Key : 085800543148

    Name / Nama : smadav engine dhe
    Key : 991299155000

    Name / Nama : micorosoft winndows
    Key : 991399404820

    Name / Nama : uruha corporation
    Key : 995299324416

    Sumber dari blog teman ane di : http://uruha0892.blogspot.com
    read more

    Jadwal Perkuliahan Jurusan Manajemen TA. 2012-2013

    Berikut ini merupakan jadwal/roster kuliah Semester Genap Jurusan Manajemen FE UNIMED Tahun Ajaran 2012-2013. Roster ini di peroleh berdasarkan data yang dikeluarkan oleh jurusan. Roster ini belum fix 100% karena masih dapat saja berubah sewaktu-waktu apabila diperlukan, terutama untuk masalah waktu maupun jadwalnya dapat saja berubah apabila ada complaint dari Dosen-Dosen MK yang bersangkutan dikemudian hari.

    Berikut Rosternya:
    Untuk Melihat Roster Dibawah ini Dengan Jelas Maka ikutin instruksi dibawah ini:
    1. Klik Kanan pada gambar roster tersebut
    2. Lalu Pilih View Image
    3. Maka roster akan tampil

    Sedangkan untuk menyimpan (mengesave) gambar ini maka:
    1. Klik Kanan pada gambar roster tersebut
    2. Lalu Pilih save Image





    read more

    Kamis, 17 Januari 2013

    Email Media Massa Cetak dan Online


    Daftar alamat e-mail redaksi media massa cetak koran (surat kabar, harian), majalah dan tabloid dan online. Dalam negeri dan media internasional (luar negeri) untuk keperluan mengirim tulisan artikel opini, press release, pernyataan resmi, surat pembaca, dll ke media yang dituju seperti Kompas, Jawa Pos, Republika, dll. 


    DAFTAR ISI

    1. Media Massa Cetak
      1. Email Media Koran
        1. Email Koran Ibukota
        2. Email Koran Daerah
          1. Email Media Sumatera
          2. Email Media Jawa
          3. Email Media Kalimantan
          4. Email Media Sulawesi
          5. Email Media Bali
      2. Email Media Majalah
      3. Email Media Tabloid
    2. Email Media Massa Online
    3. Email Koran dan Majalah Luar Negeri

    EMAIL MEDIA KORAN
    Daftar alamat lengkap email media massa koran harian di ibukota dan daerah.


    1.1 Email Koran Ibukota
    1. Surat Kabar "Kompas" (Indonesia) kompas@kompas.com ; opini@kompas.com ; opini@kompas.co.id
    2. Surat Kabar "Koran Tempo" (Indonesia) ktminggu@tempo.co.id ; koran@tempo.co.id
    3. Surat Kabar "Republika" (Indonesia) sekretariat@republika.co.id
    4. Surat Kabar "The Jakarta Post" (Indonesia) jktpost2@cbn.net.id ; editorial@thejakartapost.com; opinion@thejakartapost.com; sundaypos@thejakartapost.com; features@thejakartapost.com
    5. Surat Kabar "Suara Karya" (Indonesia) redaksi@suarakarya-online.com
    6. Surat Kabar "Media Indonesia" (Indonesia) redaksi@mediaindonesia.co.id
    7. Surat Kabar "Bisnis Indonesia" (Indonesia) bisnis@bisnis.co.id
    8. Surat Kabar "Seputar Indonesia" (Indonesia) redaksi@seputar-indonesia.co; m marcomm@seputar-indonesia.com ; sindo_jatim@yahoo.co.id ; seputarindonesia@gmail.com
    9. Surat Kabar "Suara Pembaruan" (Indonesia) koransp@suarapembaruan.com
    10. Surat Kabar "Lampu Merah" (Indonesia) redaksi-lamer@yahoo.com
    11. Surat Kabar "Modal" (Indonesia) redaksi@modalonline.com
    12. Surat Kabar "Pantura" (Indonesia) pantura@indosat.net.id
    13. Surat Kabar "Pantau" (Indonesia) pantau@isai.or.id
    14. Surat Kabar "Prospektif" (Indonesia) prospek@indosat.net.id
    15. Surat Kabar "Terbit" (Indonesia) terbit@indosat.net.id
    16. Surat Kabar "Warta Kota" (Indonesia) warkot@indonesia.com

    2. Alamat Email Koran Daerah

    2.1. Sumatera
    1. Surat Kabar "Berita Sore" (Indonesia) redaksi@beritasore.com
    2. Surat Kabar "Medan Bisnis" (Indonesia) mdnbisnis@nusa.net.id
    3. Surat Kabar "Mediator" (Indonesia) mediator@indosat.net.id
    4. Surat Kabar "Portibi" (Indonesia) portibidnp@yahoo.com
    5. Surat Kabar "Realitas" (Indonesia) info@realitasonline.com
    6. Surat Kabar "Sinar Indonesia Baru" (Indonesia) redaksi@hariansib.com
    7. Surat Kabar "Waspada" (Indonesia) waspada@indosat.net.id
    8. Surat Kabar "Haluan" (Indonesia) ptranah@indosat.net.id
    9. Surat Kabar "Singgalang" (Indonesia) tanbaro@indosat.net.id
    10. Surat Kabar "Riau Mandiri" (Indonesia) mnnet@indosat.net.id
    11. Surat Kabar "Sumatera Ekspres" (Indonesia) sumeks@plg.mega.net.id
    12. Surat Kabar "Berita Kota" (Indonesia) berikot@vision.net.id
    13. Surat Kabar "Guojiri Bao" (Indonesia) Idnews@cbn.net.id
    14. Surat Kabar "Harian Perdamaian / He Ping Ribao" (Indonesia) ynshibao@cbn.net.id
    15. Surat Kabar "Indonesia Shang Bao" (Indonesia) indshangbao@shangbao.co.id

    2.2. Email Koran Jawa
    1. Surat Kabar "Metro Bandung" (Indonesia) metrobdg@rad.net.id
    2. Surat Kabar "Pikiran Rakyat" (Indonesia) redaksi@pikiran-rakyat.com
    3. Surat Kabar "Harian Banten" (Indonesia) hrnbtn@indo.net.id
    4. Surat Kabar "Solo Pos" (Indonesia) solopos@bumi.net.id
    5. Surat Kabar "Suara Merdeka" (Indonesia) redaksi@suaramer.famili.com ; kukrit@suaramerdeka.com
    6. Surat Kabar "Wawasan" (Indonesia) wwsp10@indosat.net.id
    7. Surat Kabar "Kedaulatan Rakyat" (Indonesia) redaksi@kr.co.id
    8. Surat Kabar "Malang Pos" (Indonesia) mpost03@yahoo.com
    9. Surat Kabar "Jawa Pos" (Indonesia) editor@jawapos.co.id ; indopos@jawapos.co.id
    10. Surat Kabar "Radar Bogor" (Indonesia) radar@bogor.indo.net.id
    11. Surat Kabar "Radar Cirebon" (Indonesia) radarcbn@indosat.net.id
    12. Surat Kabar "Radar Semarang" (Indonesia) radarsemarang@jawapos.co.id
    13. Surat Kabar "Radar Sorong" (Indonesia) Pono_Srg@yahoo.com
    14. Surat Kabar "Pikiran Rakyat" (Indonesia) redaksi@pikiran-rakyat.com
    15. Tabloid "Senior" (Indonesia) redaksi@seniornews.co.id
    16. Surat Kabar "Nusa" (Indonesia) nusain@indo.net.id
    17. Surat Kabar "Kupang Pos" (Indonesia) poskpg@kupang.wasantara.net
    18. Surat Kabar "Banjarmasin Post" (Indonesia) bpost@indomedia.com
    19. Surat Kabar "Indonesia Merdeka" (Indonesia) redakim@telkom.net
    20. Surat Kabar "Pedoman Rakyat" (Indonesia) pedoman_rakyat@yahoo.com
    21. Surat Kabar "Nyiur Post" (Indonesia) nyiur_post@yahoo.com
    22. Surat Kabar "Cendrawasih Post" (Indonesia) cepos_jpr@yahoo.com

    Email Koran Kalimantan
    1. RADAR BANJARMASIN afoez99@gmail.com
    2. RADAR BANJARMASIN redaksi@radarbanjarmasin.com
    3. BANJARMASIN POST banjarmasin_post@yahoo.com
    4. BANJARMASIN POST banjarmasin_post@persda.co.id
    5. BANJARMASIN POST bpostmania@telkom.net
    6. PONTIANAK POST redaksi@pontianakpost.com
    7. KALTIM POST redaksi@kaltimpost.net

    Email Koran Sulawesi
    1. Harian Fajar (Makassar) fajar@fajar.co.id
    2. Semangat Pagi redaksi@semangatpagi.com

    Email Koran Bali / NTT / NTB

    1. BALI POST balipost@indo.net.id
    2. BISNIS BALI info@bisnisbali.com
    3. DENPASAR POS denpostbali@yahoo.com
    4. DENPASAR POS denpos@indo.net.id
    5. POS KUPANG poskupang@kupang.wasantara.net.id
    6. POS KUPANG poskupang@persda.co.id

    I.1.2. Email Media Majalah
    1. Majalah Komputer "PC Media" (Indonesia) redaksi@pcmedia.co.id
    2. Majalah Komputer "CHIP" (Indonesia) redaksi@chip.co.id
    3. Majalah Komputer "Komputer Aktif" (Indonesia) komputeraktif@gramedia-majalah.com ; surat-aktif@gramedia-majalah.com
    4. Majalah Komputer "Info Komputer" (Indonesia) redaksi@infokomputer.com
    5. Majalah / Tabloid Komputer "Tabloid PC Plus" redaksi@tabloidpcplus.com ; naskah@tabloidpcplus.com
    6. Majalah Komputer "E Indonesia" (Indonesia) redaksi@majalaheindonesia.com
    7. Majalah Telepon Genggam dan Elektronik "T3" (Indonesia) t3@t3ind.com
    8. Majalah Komputer, HP, dan Elektronik "Hardware Magazine" (Indonesia) info@id.hardwaremag.com
    9. Majalah HP "MnS" (Indonesia) MnS@jagatmedia.com ; redaksi@jagatmedia.com
    10. Majalah HP "Sinyal" (Indonesia) redaksi@majalahsinyal.com
    11. Majalah Komputer dan Playstation "Hot Game" (Indonesia) hotgame@gramedia-majalah.com
    12. Majalah Komputer dan Playstation "Game Station" (Indonesia) gamestation@megindo.net
    13. Majalah Komputer dan Playstation "Digicom" (Indonesia) redaksi@majalahdigicom.com
    14. Majalah Animasi "Anima" (Indonesia) anima@ultima-network.com
    15. Majalah Komik "Sequen" (Indonesia) sequen@cbn.net.id
    16. Majalah Komik Bali "Bog Bog" (Indonesia) bogbog@dps.centrin.net.id
    17. Majalah Resensi Film "Cine Mags" (Indonesia) cinemags@bdg.centrin.net.id
    18. Majalah Remaja "Hai" (Indonesia) hai_magazine@gramedia-majalah.com
    19. Majalah Remaja "Kawanku" (Indonesia) www.kawanku-online.com
    20. Majalah Remaja "Lisa" (Indonesia) redaksilisa@lisa.co.id
    21. Majalah Remaja "Gadis" (Indonesia) info@gadis-online.com ; surat-surat@gadis-online.com
    22. Majalah Cerpen Remaja "Cerita Kita" (Indonesia) ceritakita@indosat.net.id
    23. Majalah Sastra "Horison" (Indonesia) horisonpuisi@centrin.net.id ; horisoncerpen@centrin.net.id ;horisonesai@centrin.net.id ; kakilangit@centrin.net.id ; horison@centrin.net.id
    24. Majalah Sepak Bola "Soccer" (Indonesia) soccer@gramedia-majalah.com
    25. Majalah Sepeda "Cycling" (Indonesia) cycling@jagatmedia.com
    26. Majalah Wisata Bali "My Bali Magazine" (Indonesia) info@mybalimagazine.com
    27. Majalah Wisata Bali "Bali Bite" (Indonesia) info@balibite.com
    28. Majalah Flora Fauna "Flona" (Indonesia) flona@gramedia-majalah.com
    29. Majalah Flora Fauna "Trubus" (Indonesia) redaksi@trubus-online.com
    30. Majalah Wanita "Femina" (Indonesia) kontak@femina-online.com ; redaksi@feminagroup.com Veronica.Wahyuningsi@feminagroup.com ; Sitta.Sarmawati@feminagroup.com
    31. Majalah "Gratina" (Indonesia) gratina@indosat.net.id
    32. Majalah Wanita "Alia" (Indonesia) majalah_alia@yahoo.com
    33. Majalah Wanita "Chic" (Indonesia) chic@gramedia-majalah.com
    34. Majalah Wanita "Ayah Bunda" (Indonesia) info@ayahbunda-online.com
    35. Majalah Wanita "Noor" (Indonesia) redaksi@noor.co.id
    36. Majalah Wanita "Kartini" (Indonesia) redaksi@kartinionline.com
    37. Majalah Wanita "Cosmopolitan" (Indonesia) redaksi@cosmopolitan.co.id
    38. Majalah Wanita "Her World" (Indonesia) herworldind@cbn.net.id
    39. Majalah Wanita "Editor's Choice" (Indonesia) redaksi_ec@erlangga.net ; maggie@erlangga.net
    40. Majalah Kuliner "Menu Sehat" (Indonesia) menusehat@gramedia-majalah.com
    41. Majalah Kuliner "Sedap Sekejap" (Indonesia) sedap-sekejap@gramedia-majalah.com
    42. Majalah Berita "Tempo" (Indonesia) red@tempo.co.id
    43. Majalah Berita "Berita Indonesia" (Indonesia) redaksi@berindo.com
    44. Majalah Berita "Garda" (Indonesia) garda@centrin.net.id
    45. Majalah Berita "Gatra" (Indonesia) redaksi@gatra.com
    46. Majalah Berita "Gamma" (Indonesia) gamma@gamma.co.id
    47. Majalah "Readers Digest Indonesia" (Indonesia) editor.rd@feminagroup.com
    48. Majalah "Intisari" (Indonesia) intisari@gramedia-majalah.com
    49. Majalah Astronomi "Centaurus" (Indonesia) redaksi@centaurusonline.com ; centaurus@centaurusonline.com ; info@centaurusonline.com
    50. Majalah Desain Grafis "Concept" (Indonesia) concept@indosat.net.id

    I.3. Email Media Tabloid
    1. Tabloid "Agrina" (Indonesia) tabloid_agrina@yahoo.com
    2. Tabloid Wanita "Nurani" (Indonesia) redaksinurani@yahoo.com
    3. Tabloid Wanita "Nova" (Indonesia) nova@gramedia-majalah.com ; klubnova@gramedia-majalah.com
    4. Tabloid Wanita "Nyata" (Indonesia) redaksi_nyata@yahoo.com
    5. Tabloid Komputer "Komputek" (Indonesia) komputek_redaksi@telkom.net
    6. Tabloid Flora Fauna "Agrobis" (Indonesia) agro_komplek@yahoo.com ; agro_redaksi@yahoo.com
    7. Tabloid Komputer "PC Mild" (Indonesia) pcmild@pcmedia.co.id


    II. Email Media Online
    Media Online adalah media yang hanya terbit secara internet via internet dan tidak ada versi cetaknya seperti Detik.com, Viva News, dll.

    1. Detik.com redaksi@staff.detik.com
    2. Vivanews.com redaksi@vivanews.com
    3. Inilah.com redaksi@inilah.com
    4. Okezone.com redaksi@okezone.com


    III. Email Media Luar Negeri
    1. Majalah Berita "Der Spiegel" (Jerman) spiegel@spiegel.de
    2. Majalah "Readers Digest Nederland" (Belanda) sgroot@readersdigest.nl
    3. Majalah "Readers Digest Denmark" (Denmark) redaktionen@detbedste.dk
    4. Majalah "Readers Digest Kanada" (Kanada) editor@readersdigest.ca
    5. Majalah "Readers Digest Amerika" (USA) editor@readersdigest.com ; letters@readersdigest.com
    6. Majalah "Readers Digest Asia" (Singapura) editor@readersdigest.com.sg ; letters@readersdigest.com.sg
    7. Majalah Anjing "Your Dog" (UK) sarahbpgroup@talk21.com ; emmabpgroup@talk21.com ; cat.dog@talk21.com
    8. Majalah Kucing "Your Cat" (UK) suebpgroup@talk21.com ; elizabethbpgroup@talk21.com
    9. Majalah Kucing "Cats" (USA) info@catsmag.com
    10. Majalah Anjing "Chiens Sans Laisse" (Perancis) alain@sanslaisse.com ; isabelle@sanslaisse.com
    11. Majalah Anjing, Kucing dan Hewan Peliharaan "Pets Vets and People" (Australia) www.petsandvets.com.au petsvets-editorial@powerup.com.au ; petsvets@powerup.com.au
    12. Majalah Pendakian Gunung "Climber" (UK) climbercomments@warnersgroup.co.uk
    13. Majalah Komputer "Smart Computing" (USA) editor@smartcomputing.com
    14. Majalah Komputer "Windows IT Pro" (USA) letters@windowsitpro.com
    15. Majalah Komputer "Web-User" (UK) letters@web-user.co.uk
    16. Majalah Komputer "PC World Australia" (Australia) amanda_conroy@idg.com.au
    17. Majalah Komputer "Mobile Magazine" (USA) editor@mobilemg.com ; editors@mobilemagazine.com
    18. Majalah Teknologi (USA) letters@technologyreview.com
    19. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi "Science" (USA) www.submit2science.org
    20. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi "NewScientist" (UK) enquiries@newscientist.com ; opinion@newscientist.com ; news@newscientist.com ; emma.young@newscientist.com ; features@newscientist.com ; feedback@newscientist.com
    21. Majalah Ilmu Pengetahuan & Teknologi "Scientific American" (USA) info@sciam.com ; editor@sciam.com ;letters@sciam.com
    22. Majalah teknologi komputer tablet (USA) editor@PocketPCmag.com
    23. Majalah Komputer "PC World" (USA) letters@pcworld.com
    24. Majalah Komputer "Mac World" (USA) letters@macworld.com
    25. Majalah Komputer "Mac World" (UK) davidf@macworld.co.uk
    26. Majalah Komputer "Maximum PC" (USA) input@maximumpc.com ; editor@maximumpc.com
    27. Majalah Komputer "PC Gamer" (USA) editor@pcgamer.com
    28. Majalah Komputer "CPU Magazine" (USA) editor@cpumag.com
    29. Majalah Komputer "PC Magazine" (USA) pcmag@ziffdavis.com
    30. Majalah Komputer "PC Today" (USA) editor@pctoday.com
    31. Majalah Televisi Satelit dan Antena Parabola "Tele-Satellite International" (Jerman) alex@TELE-satellite.com ; Wiesealex@TELE-satellite.com
    32. Majalah Teknologi Satelit dan Telekomunikasi "Sat Magazine" (USA) design@satnews.com
    33. Majalah Fotografi "Popular Photo" (USA) PopEditor@hfmus.com
    34. Majalah Otomotif Mobil Balap "Race Car" (USA) racecar@ipcmedia.com
    35. Majalah Sound Sistem Audio Video "Sound And Vision" (USA) soundandvision@hfmus.com
    36. Majalah HP dan Telekomunikasi "Australian Telecom" (Australia) telecom@charlton.com.au
    37. Majalah Alam Semesta "Nature" (USA) editor@nature.com ; info@nature.com
    38. Majalah Flora Fauna dan Pelestarian Alam "Natur" (Jerman) redaktion@natur.de
    39. Majalah Bisnis dan Ekonomi Asia "Singapore Business Review" (Singapura) sbreditorial@charltonmedia.com ; liyana@charltonmedia.com
    40. Majalah Wanita "Better Homes and Garden" (USA) 1716Locust@meredith.com
    41. Majalah Wanita "Womans Day" (USA) womansday@hfmus.com
    42. Majalah Pendakian Gunung (Italia) vivalda@vivalda.com ; redazione@vivalda.com
    43. Majalah Mobil "Car And Driver" (USA) editors@caranddriver.com
    44. Surat Kabar "Sun Herald" (Australia) sheditorial@mail.fairfax.com.au ; shletters@mail.fairfax.com.au
    read more

    Prosedur Menulis dan Mengirim Artikel Opini ke Media Massa Koran atau Majalah

    Menulis dan mengirimkan tulisan artikel opini yang ditulis ke media massa cetak (koran harian surat kabar) yang dituju membutuhkan perjuangan dan komitmen. Apalagi, kalau tulisan yang dibuat dengan susah payah itu tidak dimuat. Berikut adalah teknik dasar bagaimana cara membuat artikel opini, mengirimkan tulisan dan dimuat! Honor memang bukan pertimbangan utama. Tapi, kalau jumlahnya sampai Rp. 1 (satu) juta per-artikel, dengan panjang tulisan hanya 800 kata, tentu susah untuk ditolak. Betul tidak? :)

    DAFTAR ISI
    1. Tips Umum Mengirim Artikel Opini ke Media Massa Cetak (Koran/Surat Kabar)
      1. Apa itu Op-ed dan tajuk rencana?
      2. Syarat artikel opini yang berpotensi dimuat media koran surat kabar majalah
      3. Panjang Tulisan Artikel Opini untuk dikirim ke koran
      4. Jika merasa tidak pede mengirim tulisan ke koran
      5. Cara mengirim artikel ke koran
      6. Kalau artikel tidak dimuat
    2. Tips Khusus Mengirim Tulisan ke Surat Kabar Tertentu
      1. Cara Mengirim Artikel ke Koran Kompas
      2. Mengirim Artikel ke Harian Jawa Pos
      3. Mengirim Artikel ke Harian the Jakarta Post
      4. Mengirim Artikel ke Koran Tempo
      5. Mengirim Artikel ke Harian Republika
      6. Mengirim Artikel ke Koran Sindo (Seputar Indonesia)


    I. TIPS UMUM MENGIRIM TULISAN KE MEDIA MASSA KORAN HARIAN SURAT KABAR

    Ada aturan umum mendasar yang harus dipenuhi agar tulisan artikel opini kita mendapat perhatian editor koran dan berpotensi dimuat.


    Apa itu Op-ed dan tajuk rencana di koran?

    Dalam sebuah media cetak, baik koran, majalah atau buletin terdapat satu halaman khusus yang biasa disebut dengan halaman opini. Di koran, halaman tersebut di isi oleh tiga unsur yaitu oleh redaksi, para ahli di bidangnya dan pembaca.

    Opini yang ditulis oleh tim redaksi disebut Tajuk Rencana atau Editorial. Yang ditulis oleh ahli disebut op-ed singkatan dari Opini Editorial atau kolom untuk artikel opini di majalah. Sedang yang ketiga ditulis oleh pembaca koran atau majalah terkait. Segmen ini biasa disebut dengan Surat Pembaca, atau Pembaca Menulis, dsb.


    SYARAT ARTIKEL OPINI YANG BERPOTENSI DIMUAT MEDIA CETAK KORAN MAJALAH

    Penulisan artikel bisa berdasarkan gagasan murni dari si penulis, bisa juga sebagian isinya mengambil dari sumber lain. Misalnya referensi kepustakaan, gagasan orang lain, renungan tokoh masyarakat dan sebagainya. Penulisan artikel tidak terikat dengan waktu, tidak terikat bentuk berita, gaya bahasa, dan teknik penulisan jurnalistik lainnya. Tetapi agar artikel ini dibaca oleh publik, penulisnya harus memperhitungkan aktualitas, gaya penulisan serta panjang pendek artikel.

    Di samping itu hal-hal mendasar berikut perlu diperhatikan:

    1. Tata bahasa tulisan isi artikel harus memiliki standar dasar sastrawi. Maksudnya, gaya bahasa sesuai dengan panduan bahasa Indonesia yang benar. Baik dalam segi ejaan, tanda baca, pemakaian huruf besar kecil, maupun dalam susunan kata-kata.

    2. Mengetahui etika penulisan artikel. Yaitu, tulisan harus orisinal. Bukan plagiat atau jiplakan. Serta mengandung unsur baru.

    3. Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.

    Berapa Panjang Tulisan Artikel Opini untuk dikirim ke koran?

    Setiap media memiliki kebijakan tersendiri tentang panjang maksimal dari sebuah artikel opini. Kompas, misalnya, mensyaratkan tidak lebih dari 1000 kata. Sedang Jawa Pos sekitar 700 sampai 850 kata. Intinya, panjang tulisan berkisar antara 700 sampai dengan 1200 kata. Untuk mengetahui secara persis panjang tulisan artikel opini di media tertentu, copy sebuah artikel di media tersebut ke MS Word akan tampak di halaman bawah berapa jumlah kata dalam artikel tersebut.

    Saya merasa tidak pede mengirim tulisan ke koran

    Hilangkan rasa minder. Toh, kita dan redaksi koran tersebut tidak saling kenal. Begitu tulisan selesai, langsung saja kirim ke koran yang dituju.

    CARA MENGIRIM ARTIKEL OPINI VIA EMAIL

    Cara termudah adalah dengan mengirim via email. Sebagai penulis artikel opini, Anda harus memiliki daftar lengkap email media cetak seluruh Indonesia.

    a. Kirim melalui email dengan attachment (sisipan) dalam format MS Word atau rtf. Jangan ditulis di badan email.
    b. Di subjek email kasih judul: Artikel Opini (judul artikel tulis di sini)

    Sebagai referensi, silahkan lihat daftar email media massa di sini!

    KALAU ARTIKEL TIDAK DIMUAT: KIRIM KE KORAN LAIN

    Silahkan kirim ke koran lain kalau memang Anda yakin tidak dimuat di koran pertama yang dikirimi artikel tersebut. Biasanya kalau 1 minggu tidak dimuat, dapat dipastikan tulisan Anda ditolak di koran tersebut.

    Tapi, untuk menjaga reputasi, ada baiknya kiriman kedua dikirim ke koran yang bersegmen lokal. Jangan sama-sama nasional. Umpama ditolak di Kompas, kirim juga koran Pikiran Rakyat atau Surya atau koran lokal lain tempat di mana tinggal.


    II. TIPS KHUSUS MENGIRIM TULISAN KE MEDIA MASSA KORAN HARIAN SURAT KABAR


    I.A. MENGIRIM TULISAN KE KORAN KOMPAS

    1. Panjang artikel: antara 800 s.d 1000 kata.
    2. Alamat email: kompas@kompas.com, opini@kompas.com, opini@kompas.co.id
    3. Honor artikel: sekitar Rp 1 (satu) juta.
    4. Agar dimuat : selain yang disebut dalam tips umum di atas, (a) ikuti gaya tulisan opini di kompas; (b) Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi, khususnya yang menjadi bahasan di Tajuk Rencana/Editorial koran tersebut atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.


    I.B. MENGIRIM TULISAN KE HARIAN JAWA POS

    1. Panjang artikel: 850 kata
    2. Alamat email: editor@jawapos.co.id
    3. Honor artikel: Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
    4. Agar dimuat: Agar dimuat : selain yang disebut dalam tips umum di atas, (a) ikuti gaya tulisan opini di Jawa Pos; (b) Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi, khususnya yang menjadi bahasan di Tajuk Rencana/Editorial koran tersebut atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.


    I.C. MENGIRIM TULISAN KE HARIAN THE JAKARTA POST

    1. Panjang artikel: Hendaknya tidak lebih dari 1000 (seribu) kata.
    2. Alamat email: editorial@thejakartapost.com, opinion@thejakartapost.com, jktpost2@cbn.net.id
    3. Honor artikel: Sekitar USD 100 (atau Rp. 800.000)
    4. Agar dimuat: (a) tulis dalam bahasa Inggris (artikel dalam bahasa Indonesia terkadang dimuat asal sangat bagus -- tentu saja setelah diterjemah oleh editornya); (b)komentar dari Editorial sebelumnya; (c) mengandung unsur baru.


    I.D. MENGIRIM TULISAN KE KORAN TEMPO

    1. Panjang artikel: Antara 800 sampai 1000 kata.
    2. Alamat email: koran@tempo.co.id
    3. Honor artikel: Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah)
    4. Agar dimuat : selain yang disebut dalam tips umum di atas, (a) ikuti gaya tulisan opini di Koran Tempo; (b) Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi, khususnya yang menjadi bahasan di Tajuk Rencana/Editorial koran tersebut atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.


    I.E. MENGIRIM TULISAN KE HARIAN REPUBLIKA

    1. Panjang artikel: 800 s.d. 1200
    2. Alamat email: sekretariat@republika.co.id
    3. Honor artikel: Rp. 400.000
    4. Agar dimuat: selain yang disebut dalam tips umum di atas, (a) ikuti gaya tulisan opini di Koran Republika; (b) Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi, khususnya yang menjadi bahasan di Tajuk Rencana/Editorial koran tersebut atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.


    I.F. MENGIRIM TULISAN KE KORAN SINDO (SEPUTAR INDONESIA)

    1. Panjang artikel: 500 s.d. 1000
    2. Alamat email: redaksi@seputar-indonesia.com
    3. Honor artikel: Opini dan Kolom Budaya 400 ribu. Resensi buku 200 ribu. Cerpen 400 ribu.
    4. Agar dimuat: selain yang disebut dalam tips umum di atas, (a) ikuti gaya tulisan opini di Koran Sindo; (b) Topik opini bersifat aktual. Yang dimaksud aktual adalah sebagai respons/komentar dari peristiwa yang baru saja terjadi, khususnya yang menjadi bahasan di Tajuk Rencana/Editorial koran tersebut atau sebagai refleksi dari hari besar nasional dan internasional.
    read more

     
    Design by Economoy.blogspot.com | Bloggerized by M. Wahyu Arya P - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews