My Profil

SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog Economy Dan IT - Saya senang Anda berada di sini, dan Saya berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Economy, Lifestayle, Perpolitikan, Entertaiment, Dan Tutorial Bloging Maupun Kehidupan Seputar Blogers yang telah Saya sediakan.

Sekilas Tentang Saya

Nama saya M. Wahyu Arya Putra, Saya berasal Dari Sumatra Utara, Saya hanyalah Seorang Mahasiswa dan Blogger biasa, Yang terus belajar dan berusaha untuk menjadi luar biasa...

  • Lebih Lanjut Tentang Saya
  • TRANSLATOR

    English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Kamis, 14 Juni 2012

    Kearifan Budaya Daerah Mendukung Ketahanan Budaya Nasional

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
             Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi  organisasi social masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial.Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan (Soekanto, 1990).
             Menurut Bapak Antropologi Indonesia, Koenjtaraningrat, Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa Sansekerta buddayah yaitu bentuk jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal. Oleh karena itu, kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Pengertian tersebut merujuk pada gagasan J.J Honigmann tentang wujud kebudayaan kedalam tiga wujud, yakni kebudayaan dalam wujud ide, pola tindakan dan artefak atau benda-benda.
             Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
             Apabila kebudayaan yang ada di indonesia dapat mentransformasi diri sebagai milik bersama dan kebanggaan bersama yang dipangku oleh suatu masyarakat (lokal atau nasional), maka kebudayaan akan dapat berperan untuk meningkatkan ketahanan bangsa. Namun karena munculnya era globalisasi dan datangnya kebudayaan – kebudayaan luar dari berbagai macam penjuru dengan bentuk – bentuk yang unik dan telah di transformasikan menjadi modern. Sehingga membuat banyak pemuda – pemuda penerus bangsa yang lebih menyukai segala hal yang bersifat modern ataupun budaya – budaya luar yang bersifat modern.
    1.2 Tujuan
             Ada banyak tujuan yang kita harus mengerti dan pahami tentang budaya kita sendiri yaitu Budaya Bangsa Indonesia. Dengan menyadarkan semua orang agar melestarikan dan menjaga serta memperkenalkan kebudayaan daerah dan memberi pengetahuan tentang budaya lokal yang  dimiliki negara serta kebudayaan nasional kita kepada bangsa luar.
             Sehingga tidak terjadi pencurian kebudayaan ataupun hilangnya kebudayaan kita dari peradaban. untuk menambah pengetahuan tentang budaya lokal yang dimiliki negara Indonesia serta untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah leluhur kita terhadap bangsa Indonesia demi tercapainya suatu perjuangan kepentingan bangsanya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dan memajukan pergaulan untuk meningkatkan persatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia menjadi lebih bangga apabila semua yang berhubungan dengan dilestarikannya budaya tersebut akan terwujud.
    1.3 Sasaran
             Mengenai sasaran di wajibkan untuk semua masyarakat indonesia umumnya untuk negera lain dan remaja indonesia atau generasi penerus bangsa harus ikut melindungi juga melestarikan kebudayaan – kebudayaan kita, minimal kebudayaan pada daerahnya masing – masing. Dapat lebih menyadari pentingnya menjaga kebudayaan bangsa karena kebudayaan sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa terutama masyarakat yang awam tentang keadaan budaya lokal yang memang harus mempelajari serta memahami arti kebudayaan , untuk mengangkat harkat dan derajat insani dari bangsa kita.


    BAB II
    PERMASALAHAN

             Banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini, misalnya masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.
             Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negaranya.    
             Masih rendahnya apresiasi, pemahaman, komitmen, dan kesadaran tentang kekayaan budaya dengan berbagai kandungan nilai-nilai luhurnya yang mengakibatkan terjadinya pencurian, penyelundupan, dan perusakan benda cagar budaya pembajakan terhadap berbagai kekayaan budaya dan kekayaan intelektual dan  terbatasnya pengelolaan kekayaan budaya oleh pemerintah daerah, karena terbatasnya kemampuan keuangan maupun kemampuan manajerial. Belum optimalnya sumber daya di bidang kebudayaan, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.“ Berikut hal-hal yang dapat mempengaruhi tentang Budaya Bangsa.
    2.1   Kekuatan (Strength)
            Ciri khas budaya Indonesia seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat music ataupun adat istiadat yang dianut hal ini merupakan salah satu asset/pendapatan yang cukup besar karena daya tarik keanekaragaman budaya Indonesia. Terbukti Kekhasan budaya lokal ini sering kali menarik pandangan negara lain dan banyaknya turis asing yang mencoba mempelajari budaya Indonesia seperti belajar tarian khas suat daerah atau mencari barang-barang kerajinan untuk dijadikan buah tangan. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang unik.
             Budaya lokal merupakan kesatuan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Budaya bangsa yang mewakili identitas negara Indonesia harus tetap dijaga serta diwarisi dengan baik agar budaya bangsa tetap kokoh. Banyaknya pulau yang terpisahkan oleh lautan menyebabkan perbedaan kondisi alam yang membentuk perbedaan budaya di  setiap daerah di Indonesia. Keanekaragaman ini tentunya menjadi kebanggan dan identitas dari Negara Indonesia.
             Indonesia memiliki keanekaragaman budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai ke asset yang tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara lain. Begitu kaya dan beragamnya kebudayaan yang dimiliki tiap-tiap daerah merupakan sumber kekuatan bagi bangsa ini menjadi bangsa yang besar di kemudian hari. itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional, keunggulan budaya bangsa sejatinya manifestasi dari tumbuh suburnya budaya-budaya lokal yang terus dipupuk dengan baik.
    2.2    Kelemahan (Weekness)
             Kurangnya kesadaran masyarakat ini yang menjadi penyebab budaya kita direbut atau menghilang begitu saja serta masyarakat lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman. Bukan berarti budaya lokal tidak sesuai dengan perkembangan zaman, tetapi banyak budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Budaya local juga dapat di sesuaikan dengan perkembangan zaman, asalkan masih tidak meninggalkan ciri khas dari budaya tersebut.       
           Seharusnya pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini. Namun sekarang ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya lokal. Budaya Barat yang mengakibatkan timbulnya permasalahan-permasalahan budaya di Indonesia. Pemerintah, masyarakat dan pelaku budaya perlahan meninggalkan budaya tradisional dengan alasan mengikuti arus budaya barat, sehingga bangsa Indonesia dapat kehilangan ciri atau citra bangsa di mata dunia.
             Kurangnya kemampuan komunikasi tentang kebudayaan yang menghambat perkembangan budaya bangsa,kita harus promosikan ke Negara-negara lain, bahwa indonesia itu kaya akan keanekaragaman budaya. Serta sangat penting agar tidak terjadi salah paham tentang budaya yang dianut. Komunikasi budaya ini sering menimbulkan perselisihan antar suku yang akan berdampak turunnya ketahanan budaya bangsa.
    2.3    Peluang (Opportunity)
             Indonesia sering menarik perhatian para turis mancanegara karena keanekaragaman budaya yang kita miliki. Ini dapat dijadikan objek wisata dan memiliki pesona yang unik sehingga  sering menarik minat wisatawan asing serta akan menghasilkan devisa bagi negara.Akan tetapi hal ini juga harus diwaspadai karena banyaknya aksi pembajakan  budaya yang mungkin terjadi. Juga karena serin terjadinya konflik, baik perebutan budaya dengan Negara tetangga ataupun perang antar suku membuat keuntungan tersendiri.
             Apabila budaya lokal dapat di jaga dengan baik, Indonesia akan di pandang sebagai negara yang dapat mempertahankan identitasnya di mata Internasioanal serta Indonesia dipandang dunia Internasional karena kekuatan budayanya Banyak masyarakat dunia mengenal Indonesia sebagai Negara dengan kekhasan dan keberagaman budaya yang dimilikinya.
             Kuatnya budaya bangsa, memperkokoh rasa persatuan masyarakat dalam mempertahankan budaya lokal agar dapat memperkokoh budaya bangsa, juga dapat memperkokoh persatuan. Karena adanya saling menghormati antara budaya lokal sehingga dapat bersatu menjadi budaya bangsa yang kokoh. Karena seringnya percobaan pencurian kebudayaan yang terjadi di Indonesia membuat sering bersatunya rakyat Indonesia untuk melindungi kebudayaan secara bersama – sama.
    2.4    Threat (Ancaman)
             Sekarang banyak budaya asing yang masuk ke tanah air sehingga budaya lokal bersaing hebat dengan budaya asing. Ini merupakan pelajaran atau tantangan buat kita bangsa Indonesia agar budaya local tetap terjaga. Ini hambatan terberat karena remaja Indonesia lebih meyukai budaya asing atau budaya luar. Serta bagaimana caranya supaya budaya bangsa Indonesia tetap berada di hati masyarakat dan juga mempromosikan budaya kita kepada Negara lain.
             Kemajuan Teknologi sering kali membuat kemunduran pada kebudayaan daerah meskipun dipandang banyak memberikan banyak manfaat, kemajuan teknologi ternyata menjadi salah satu factor yang menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal. Remaja pada umumnya lebih menyukai bermain dengan teknologi daripada belajar kebudayaan mereka sendiri. Oleh kerena itu kita seharusnya memperlihatkan permainan daerah yang masih merupakankebudayaan kita lebih baik dari pada teknologi. Hal ini merupakan tantangan bagi kita untuk tetap menjaga budaya kita agar tidak hilang oleh kemajuan zaman atau kemajuan teknologi.
             Perubahan lingkungan alam dan fisik merupakan tantangan tersendiri bagi budaya bangsa. Kerena lingkungan alam dan fisik bisa merubah masyarakat menjadi lupa dengan budayanya sendiri.  Sehingga pada akhirnya banyak kebudayaan kita yang jarang kita sentuh maupun kita ingat, membuat beberapa Negara luar yang ingin memilikinya. Bahkan mengakui sebagai miliknya. Ini merupakan sebuah tantangan bagi kita untuk melindungi dan tetap melestarikan budaya bangsa supaya tidak menghilang begitu saja apa lagi hingga di curi atau direbut oleh Negara lain. 


    BAB III
    Kesimpulan Dan Rekomendasi

    3.1    Kesimpulan
             
             Karena kurangnya minat para remaja bangsa dan minimnya pengetahuan serta minat dalam menghidupkan kembali kebudayaan daerahnya. Ini merupakan salah satu penyebab budaya kita direbut oleh Negara asing. Pemerintah seharusnya lebih sigap dalam menghadapi masalah ini dengan cara memperkenalkan satu persatu budaya yang dimiliki oleh bangsa kita sehingga tidak  dicuri atau berpindah hak cipta.
             Orang Indonesia kurang memerhatikan apa yang sudah mereka punya, mereka baru marah dan sadar memiliki suatu yang berharga setelah mereka akan kehilangannya (seperti saat kebudayaan kita di ambil atau dicuri ). Sebenarnya budaya kita ini banyak dilihat atau dipandang oleh Negara lain, karena budaya bangsa Indonesia memiliki berbagai macam variasi kebudayaan atau memiliki seni tersendiri yang masih belum di perlihatkan kepada Negara lain. Sehingga masih ada kesempatan untuk kita membangun lebih maju lagi dengan memanfaatkan kebudayaan kita.
    3.2    Rekomendasi
             Seharusnya pemerintah lebih aktif dan lebih cepat dalam bergerak jangan sampai budaya bangsa ini direbut oleh Negara lain. Serta diadakkan pelatihan dan pemberitahuaan kepada masyarakat tentang pentingnya kebudayaan daerah demi berdirinya kebudayaan nasional. Adanya kerjasama antara pemerintah dengan rakyat sehingga rakyat dapat mempublikasikan Kesenian daerahnya lewat  Negara, jadi bisa lebih di akui oleh Negara luar. Pemerintah seharusnya juga melarang kalangan menengah ke atas atau kalangan artis supaya tidak melakukan atau meniru budaya luar yang tidak pantas atau senonoh. Di abadikan kesenian – kesenian daerah milik Indonesia sebelum di curi oleh Negara – Negara lain. Diadakan subsidi dari pemerintah untuk membantu perkembangan budaya – budaya daerah agar berkembang, karena sedikit banyak devisa milik Indonesia berasal dari kebudayaan daerah, sudah menjadi hak mereka juga untuk mendapatkannya.

    Daftar Referensi

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan beri komentar atas artikel maupun content dari blog ini. Komentar ada sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
    NB: Kami Berharap Anda Tidak Mengunakan Kata-Kata Kasar, SARA, Tidak Sopan, Maupun Kata-Kata Negatif Lain Dalam Berkomentar.

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

     
    Design by Economoy.blogspot.com | Bloggerized by M. Wahyu Arya P - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews