My Profil

SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog Economy Dan IT - Saya senang Anda berada di sini, dan Saya berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Economy, Lifestayle, Perpolitikan, Entertaiment, Dan Tutorial Bloging Maupun Kehidupan Seputar Blogers yang telah Saya sediakan.

Sekilas Tentang Saya

Nama saya M. Wahyu Arya Putra, Saya berasal Dari Sumatra Utara, Saya hanyalah Seorang Mahasiswa dan Blogger biasa, Yang terus belajar dan berusaha untuk menjadi luar biasa...

  • Lebih Lanjut Tentang Saya
  • TRANSLATOR

    English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Jumat, 17 Mei 2013

    Kelompok 1 (Analisis Pada Produk Kopi Baba di Dr. Mansyur Medan)



    Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Pada Produk Kopi Baba di Dr. Mansyur Medan

    MINI RISET

    O
    L
    E
    H
    KELOMPOK  I

    EVI OKTAVIA BANUREA            (7103210018)
    INDAH SEPTIANI                         (7102210012)
    NIKI OCTAVIANI                          (7103210042)
    ELEDON SIHOTANG                    (7103210014)


    JURUSAN MANAJEMEN

    FAKULTAS EKONOMI

    UNIVERSITAS NEGERI MEDAN


    2013


    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang Masalah
    Pada era globalisasi ini, semakin banyak saja persaingan yang terjadi pada usaha-usaha kuliner yang terdapat kota Medan. Masing-masing perusahaan ingin maju lebih cepat. Oleh karena itu, peruasahaan memerlukan manajemen yang tepat dan dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan kegiatan manajemen yang memerlukan informasi. Dalam keadaan tersebut perusahaan harus memiliki sumber daya yang stabil, simber daya manusia yang dapat diandalkan. Peranan manajemen dalam keadaan demikian adalah mengorganisasi dan memanfaatkan sumber daya yang ada sedemikian rupa sehingga mampu menghadapi persaingan dan memperlancar pencapaian tujuan organisasi.
    Perusahaan saat ini menghadapi tantangan beragam dan sangat luar biasa. Manajemen harus mengikuti perkembangan maupun terobosan-terobosan berupa inovasi yang sudah dilakukan oleh perusahaan lain, supaya perusahaan ini tidak semakin tenggelam dan mampu bersaing serta dapat mempertahankan eksistensi keberadaannya di dunia ekonomi.
    Kopi Baba Dr. Mansyur yang berada di kota Medan ini merupakan salah satu perusahaan yang sedang menghadapi fenomena-fenomena tersebut di atas. Kualitas pelayanan yang semakin menuu pun diduga menjadi salah satu penyebab menurunnya tingkat penjualan disamping dari berbagai inovasi yang sudah dilakukan beberapa perusahaan pesaing telah memperkompleks permasalahan yang dihadapi oleh manajemen perusahaan saat ini. Beberapa keputusan manajemen atas penetapan kebijakan perusahaan terhadap salah satu bauran pemasaran yaitu harga diduga menjadi salah satu faktor menjauhnya konsumen yang tadinya selalu setia kepada Kopi Baba. Kopi Baba yang dikenal dengan khas nya yang memberlakukan kebijakan pengurangan harga bagi kalangan-kalangan tertentu kini sudah tidak ada lagi. Selain dari masalah kebijakan, peusahan Kopi Baba pun saat ini tengah menghadapi situasi sulit dengan tidak dapat dengan tanggap mengetahui kekuatan yang dimiliki, kelemahan apa saja yang terdapat pada Kopi Baba, Peluang serta ancaman apa yang sedang mereka hadapi. Kurang nya perhatian terhadap hal-hal seperti inilah yang menjadi penyebab menjauhnya para konsumen setia Kopi Baba.
    Berdasarkan uraian fenomena di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya mengetahui fakto-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen Kopi Baba. Sehingga penulis menjadikannya sebagai topik yang kemudian dituangkan dalam bentuk penulisan skripsi dengan judul “Analisis kepuasan konsumen terhadap strategi pemasaran dan analisis swot pada produk Kopi Baba di Dr. Mansyur”.

    1.2 Identifikasi Masalah
    Berdasarkan uraian lata belakan masalah tersebut, maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:
    1.   Strategi pemasaran yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Kopi Baba.
    2.   Tingkat kepuasan pelangan terhadap tinggi rendahnya harga produk Kopi Baba.
    3.   Pengaruh analisis swot terhadapa kepuasan konsumen.

    1.3 Pembatasan Masalah
    Mengingat banyaknya permasalahan yang mempengaruhi bidang penelitian ini, maka masalah dalam penelitian ini dibatasi pada analisis swot dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen Café Kopibaba.

    1.4  Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut  maka yang yang menjadi perumusan masalah  dalam penelitian ini adalah :
    1.      Bagaimana pengaruh strategi pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen di Kopi Baba Dr. Mansyur Medan?
    2.      Apakah analisis swot mampu mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen di Kopi Baba Dr. Mansyur Medan?

    1.5 Tujuan Penelitian
                Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
    1.      Untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap strategi pemasarannya.
    2.      Menganalisis SWOT yang diduga mampu mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen.

    1.6 Manfaat Penelitian
    1.      Bagi Peneliti
    Sebagai studi perbandingan antara pengetahuan teoritis yang diperoleh dalam perkuliahan dengan kondisinya di lapangan, khususnya mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap strategi pemasaran.
    2.      Bagi Perusahaan
    Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan sebagai  dasar pertimbangan dalam usaha perbaikan kebijakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran sehingga jumlah pengunjung (konsumen) semakin meningkat.
    3.      Bagi Universitas Negeri Medan
    Sebagai tambahan literature kepustakaan Universitas di bidang penelitian tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap analisis strategi pemasaran dan analisis swot.
    4.      Bagi pihak lain
    Sebagai bahan referensi bagi pihak lain yang ingin mengadakan penelitian sejenis dimasa yang akan datang.
     


    Mohon Maaf Untuk Para Pembaca 
    Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.
    Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini
    read more

    Kelompok 2 (Analisis Produk Indomie Studi Kasus Jl. Pancing Kota Medan)



    Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran
    Dan Analisis Swot Produk Indomie
    (Studi Kasus Jl. Pancing Kota Medan)

    Disusun

    OLEH
    KELOMPOK 2

    NOFA RISMA SIREGAR                        (7103210044)
    DEWI ADELINA SIDABUTAR              (7102210006)
    MAFRINA M. SINURAT                          (7103210036)
    IRMA MELINA  HUTASOIT                 (7103210028)

    UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
    FAKULTAS EKONOMI
    MANAJEMEN
    2013

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1  Latar Belakang
    Setiap industri tentu menginginkan keuntungan dari produk yang dihasilkannya. Sebuah industri pasti akan berusaha untuk membuat produk yang berkualitas, sehingga produknya bisa laris di pasaran dan mendapat keuntungan yang besar. Begitu juga pada industri-industri makanan, sebagai contohnya adalah pada industri mie instan. Mie Instan merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Mie Intan ini menjadi salah satu makanan pengganti nasi.karena selain praktis, harganya juga cukup terjankau oleh masyarakat luas. Wajar saja jika pasar mie instan di Indonesia cukup berpeluang besar dan menggiurkan. Salah satu merek yang mendominasi pasar mie instan di Indonesia adalah Indomie yang merupakan merek mie instan produksi PT. Indofood CBP Sukses Makmur. Indomie adalah merek produk mie instan yang sangat popular di Indonesia dan Nigeria. Karena terkenalnya , orang Indonesia memanggil mie instan dengan sebutan “Indomie” .
    Akan tetapi apabila sebuah industry produk Indomie  merasa tersaingi oleh industry produk mie instan yang lain (sebagai contoh persaingan antara Indofood dan wingsfood), maka industry tersebut akan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk memenangkan persaingan tersebut. Begitu juga pada industry yang menyainginya. Mereka juga akan selalu berusaha agar konsumen merasa puas terhadap produk yang dihasilkan dan disukai konsumen. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk/jasa yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (Kotler, 2005:70). Tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dan harapan. Jika kinerja dibawah harapan, konsumen tidak puas. Kalau kinerja sesuai harapan, konsumen akan puas. Dan apabila kinerja melampaui harapan, konsumen akan sangat senang atau sangat puas.
     Kemenangan suatu produk industry tentunya sangat dipengaruhi oleh selera dan minat dari konsumen. Oleh karena itu, agar bisa menarik konsumen yang banyak, suatu industry akan menampilkan atau memproduksi produknya dengan sebaik-baiknya.

    1.2  Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut  maka yang yang menjadi perumusan masalah  dalam penelitian ini adalah :
    1.      Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap pengkonsumsian Indomie?
    2.      Bagaimana analisis SWOT produk Indomie?


    1.3  Tujuan Penelitian
                Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
    1.     Menganalisis  tingkat kepuasan pelanggan dalam pengkonsumsian Indomie.
    2.     Untuk mengetahui analisis SWOT produk Indomie.

    Mohon Maaf Untuk Para Pembaca 
    Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.
    Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini


    read more

    Kelompok 3 (Analisis Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Di Fakultas Ekonomi UNIMED)



    Perilaku konsumen
    Judul :

    Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Dan Analisis Swot Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Di Fakultas Ekonomi UNIMED

    Di Susun Oleh :

    KELOMPOK 3


    1. Fahruni Rizki Hasanah         (7102210009)
    2. M. Wahyu Arya Putra           (7103210035)
    3. Nur Anisah Siregar               (7102210017)      
    4. Siti Aisyah                            (7102210023)


    MANAJEMEN
    FAKULTAS EKONOMI
    UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
    2013

    BAB I
    PENDAHULUAN


    1.1              Latar Belakang Masalah
    Dewasa ini semakin diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melaiui penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing. Dengan semakin banyaknya produsen yang menawarkan produk dan jasa, maka konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak. Dengan demikian kekuatan tawar-menawar konsumen semakin besar.
    Menurut Tjiptono (1997 : 24) pada dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan yang merasa puas. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan rekomendasi dari mulut ke mulut  yang menguntungkan bagi perusahaan.
    Untuk menciptakan kepuasan pelanggan maka perusahaan harus bisa membuat strategi untuk mencapai kepuasan pelanggan tersebut. Menurut Kartajaya ( 2005:7), strategi inti sebuah perusahaan mencakup tiga elemen dasar. Pertama adalah bagaimana cara tepat memposisikan produk, merek dan perusahaan di benak konsumen. Kedua, bagaimana perusahaan menopang positioning yang tepat dengan diferensiasi yang kokoh. Kemudian yang ketiga, apabila sudah mampu memposisikan perusahaan secara tepat dengan diferensiasi yang kokoh, maka selanjutnya adalah bagaimana perusahaan membangun ekuitas merek secara berkelanjutan. Maka perusahaan harus memposisikan produk , merek dan perusahaan dibenak konsumen. Menurut Ries dan Trout ( dalam Kartajaya 2005 : 406) pelanggan dalam memperebutkan pelanggan tidak di lakukan di pasar tapi di benak pelanggan tersebut. Positioning di gunakan untuk mempengaruhi guna memperkuat penerimaan produk pada segmen sasarannya.
    Perubahan lingkungan sekitar adalah suatu keadaan yang sangat sulit diramalkan, perkirakan dan di pastikan di masa yang akan datang. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan, yang bersumber dari lingkungan Eksternal maupun lingkungan Internal perusahaan. Perubahan yang berpengaruh negatif merupakan gangguan bagi perusahaan, sedangkan perubahaan yang berpengaruh positif akan menunjang kelangsungan hidup perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan, baik itu faktor Eksternal maupun faktor Internal.
                Strategi untuk menghadapi lingkungan Eksternal dapat di tetapkan dengan mengetahui apa yang menjadi ancaman (Threats) dan apa yang menjadi peluang (oppurtunities) bagi perusahaan. Setelah mengetahui lingkungan Eksternal yang di hadapi, maka analisis lingkungan Internal perlu di lakukan guna mengetahui apa yang menjadi kekuatan (Strengths) dan apa yang menjadi kelemahan (Weakness) dari perusahaan. Dengan demikian perusahaan selalu dapat beradaptasi dengan lingkunagn sehingga upaya untuk mencapai tujuan perusahaan senantiasa akan dapat di capai.
    Dilatarbelakangi oleh penguasaan market yang belum bisa di pimpin oleh Yamaha, dimana sampai saat ini Honda masih mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Perusahaan Yamaha berusaha mencari peluang yang bisa mengantarkan Yamaha berusaha mencari peluang yang bisa mengantarkan Yamaha untuk bisa unggul di market sepeda motor Indonesia. Yamaha mulai membidik kebutuhan konsumen yang sangat bervariasi, perusahaan Yamaha dituntut harus jeli melihat kondisi pasar, jangan sampai kalah cepat dengan perusahaan pesaing. Sebab arena persaingan pasar tidak pernah statis karena setiap pesaing memulai dengan sumber daya, kompetensi, dan peluang yang ada.
    Seiring dengan perkembangan gaya hidup menimbulkan perubahan perilaku masyarakat dalam mengikuti kemajuan otomaotif. Perubahan- perubahan tersebut selalu di ikuti oleh perusahaan yang bergerak di bidang otomotif di mana perubahan tersebut adalah peluang bagi perusahaan sebagai pangsa pasar barunya. Menjelang tahun 2000, PT. Yamaha Motor Indonesia mulai menunjukkan intensinya untuk merebut pangsa pasar yang besar, yang diawali dengan masuknya Yamaha ke pasar automatic. Setelah produk maticnya yang pertama Nouvo, berturut -turut kemudian Yamaha meluncurkan produk matic lainnya. Dengan produk barunya Mio Automatic, Yamaha masuk ke kategori baru yaitu motor matic khusus perempuan, segmen yang sebelumnya belum pernah di garap secara khusus oleh para pemain industri ini.
    Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI), pada 2007 membukukan penjualan sebesar 1.522.422 unit atau meningkat 4,4% di bandingkan penjualan pada tahun 2006 yang mencapai 1.458.561 unit. Dalam penguasaan market, Yamaha tahun 2007 menguasai 39,98% pangsa pasar motor Indonesia, sementara market leader Honda dengan penjualan 1.707.339 unit pada tahun 2007 berhasil menguasai 44,85% pangsa pasar dan Suzuki hanya berhasil merebut 13,5% market share ( Mix Marketing Extra; Februari 2008). Peningkatan penguasaan pasar 4,4% oleh Yamaha sangat di pengaruhi oleh suksenya penjualan produk maticnya, Mio. Adanya kepuasan pelanggan terhadap Yamaha Mio atas kejeliannya melihat peluang yang ada kemudian menyusun sebuah strategi untuk melirik pangsa motor Indonesia yaitu dengan mengeluarkan produk maticnya sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Pada Sepeda Motor Yamaha Mio di Fakultas Ekonomi UNIMED”.

    1.2              Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka perumusan masalah penelitian ini adalah :
    1.      Bagaimana Pengaruh Strategi pemasaran Produk Yamaha Mio terhadap kepuasan konsumen?
    2.      Bagaimana pengaruh analisis swot terhadap kepuasan konsumen ?

    1.3              Tujuan Penelitian
                Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan analisis swot terhadap kepuasan konsumen dari penggunaan Produk Yamaha MIO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.


    Mohon Maaf Untuk Para Pembaca 
    Kami tidak dapat memasukan semua teksnya dikarenakan teksnya yang terlalu panjang.
    Untuk Melihat teks lengkapnya dapat DI Download Disini
    read more

     
    Design by Economoy.blogspot.com | Bloggerized by M. Wahyu Arya P - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews